Tekan Inflasi, Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Operasi Pasar - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Sosial

Senin, 16 Oktober 2023 - 18:05 WIB

Tekan Inflasi, Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Operasi Pasar

admin - Penulis Berita

Masyarakat membawa belanjaan pasar murah yang digelar Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan Perum Bulog Kanwil Drive Aceh di Dayah Darul Ulum Al Fata Gampong Kayee Kunyet, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (16/10/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

Masyarakat membawa belanjaan pasar murah yang digelar Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan Perum Bulog Kanwil Drive Aceh di Dayah Darul Ulum Al Fata Gampong Kayee Kunyet, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (16/10/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

AcehHeadline.com | Aceh Besar,- Dalam rangka menekan inflasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar bekerjasama dengan Perum Bulog Kanwil Drive Aceh dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Besar, menggelar Operasi Pasar di Dayah Darul Ulum Al Fata Gampong Kayee Kunyet, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (16/10/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM melalui Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma ST mengatakan, kegiatan operasi pasar yang digelar hari ini disambut warga dengan antusias.

Hal dibuktikan terlihat dari 350 paket kupon yang disediakan habis diborong warga Gampong Kayee Kunyet dan santri dari dayah Darul Ulum Al Fata.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa, semua paket yang disediakan habis diborong, semoga hadirnya pasar murah disini dapat meringankan beban masyarakat dan santri yang ada di Gampong Kayee Kunyet ini,” ucapnya.

Trizna melanjutkan bahwa operasi pasar yang digelar pada hari ini selain dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga serta menekan laju inflasi dan juga bertepatan dalam rangka hari pangan sedunia tahun 2023.

“Selain menekan inflasi, gelar operasi pasar ini juga bertepatan dengan hari pangan sedunia, bahkan seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia juga menggelar kegiatan serupa pada hari ini,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Ir. Fuadi Akhmad yang hadir juga pada kegiatan operasi pasar tersebut, dirinya mengatakan bahwa operasi pasar yang digelar oleh Diskopukmdag Aceh Besar ini bertepatan dengan hari pangan sedunia, dimana diseluruh Kabupaten dan Kota telah menggelar apel gabungan Operasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperingati hari pangan sedunia.

BACA JUGA:  Wakapolda Aceh Hadiri Penutupan PKA-8

“Gelar operasi pasar ini mendapat intruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sehingga semua daerah di Indonesia menggelar operasi pasar ini secara serentak,” ungkapnya.

Selanjutnya Fuadi mengatakan kolaborasi ini menjadi kunci sukses keberhasilan dalam mengendalikan pangan. Untuk itu, diperlukan kolaborasi semua pihak dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta dapat memperpendek rantai distribusi sehingga rakyat mendapatkan harga terbaik.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat, bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi konsumsi sehari-hari,” tambahnya.

Sementara itu salah seorang warga yang ikut berbelanja pada operasi pasar tersebut mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut dapt meringankan beban dirinya dan masyarakat khususnya di Gampong Kayee Kunyet untuk mendapatkan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar, karena mengingat pada hari ini harga beras 5 kg dipasar sudah mencapai harga 70 ribu sampai dengan 75 ribu perkarung.

“Kehadiran operasi pasar ini sangat membantu saya dan warga yang ada disini untuk mendapatkan harga sembako yang lebih murah, karena harga beras dipasar untuk saat ini sangat melambung tinggi, terimakasih kepada Pemkab Aceh Besar yang telah menggelar kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat digelar kembali di gampong kami,” pungkasnya.

Adapun untuk harga pasar murah yang digelar di Gampong Kayee Kunyet meliputi beras premium 5 kg Rp. 47.000/sak, gula 2 Kg Rp. 22.000, minyak goreng 2 liter Rp. 30.000, telur ayam satu papan (30 butir) Rp.38.000 dan tepung terigu 1 kg Rp. 10.000 dengan total satu paket Rp. 147.000. (**)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Irup Hari Ibu ke-95
Kapolda Aceh Salurkan Bansos

Daerah

Kapolda Aceh Bagikan 2.300 Paket Bansos dari Kapolri
Hasilkan Bawang Merah Berkualitas

Daerah

Petani Gampong Saney Sukses Hasilkan Bawang Merah Berkualitas, Ini Kata Kadis Pertanian Aceh Besar

Daerah

Ditresnarkoba Polda Aceh Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 21 Kg
Kekerasan Terhadap Kucing Kampung

Daerah

Komunitas Hewan Sebut Sering Terjadi Kekerasan Terhadap Kucing Kampung

Daerah

Terkesan Kualitas Bacaan Al-Quran, Mentan Hadiahkan 1 Unit Traktor kepada Staf Biro Adpim Aceh

News

Gelar Kajian UUPA, ACSTF: Elit Politik Jangan Kering Imajinasi dalam Memajukan Aceh
Lift Bandara Kualanamu

Hukrim

Hotman Paris Resmi Jadi Pengacara Keluarga Wanita yang Tewas di Lift Bandara Kualanamu