Kasus TPPO, Polisi Amankan 457 Tersangka, 1.476 Korban Diselamatkan - Aceh Headline

Home / Daerah / Hukrim / Nasional / Polri

Minggu, 18 Juni 2023 - 16:17 WIB

Kasus TPPO, Polisi Amankan 457 Tersangka, 1.476 Korban Diselamatkan

admin - Penulis Berita

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan Sedang Mamparkan Kasus TPPO dalam Konfrensi Pers | Foto Humas Polri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan Sedang Mamparkan Kasus TPPO dalam Konfrensi Pers | Foto Humas Polri

AcehHeadline.com | Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri dan Polda jajaran telah mengungkap ratusan kasus TPPO di seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan data bulan Juni, Satgas TPPO Bareskrim Polri dan Polda jajaran telah menerima 385 Laporan Polisi (LP) TPPO per 17 Juni 2023.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, dari 385 LP tersebut, sebanyak 457 tersangka telah ditangkap.

“Adapun jumlah korban yang berhasil diselamatkan yakni sebanyak 1.476 orang,” kata Ramadhan dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 18 Juni 2023.

Ramadhan merinci, ribuan korban yang diselamatkan terdiri dari perempuan dewasa sebanyak 605 orang dan perempuan anak 80 orang. Kemudian korban laki-laki dewasa ada 766 orang dan laki-laki anak 25 orang.

Untuk modus kejahatan para tersangka, Ramadhan menuturkan terbanyak yakni dengan mengiming-imingi bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pekerja Rumah Tangga (PRT) dengan 327 kasus Tppo.

“Selanjutnya modus dijadikan Pekerja Seks Komersial (PSK) ada 87 kasus, modus dijadikan Anak Buah Kapal (ABK) ada 5 kasus dan eksploitasi terhadap anak ada 19 kasus,” katanya.

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan, dari ratusan kasus yang diungkap, saat ini perkembangannya 75 kasus masuk tahap penyelidikan. Kemudian 286 di tahap penyidikan dan berkas sudah lengkap atau P21 ada satu kasus.

Ramadhan mengimbau masyarakat untuk tak mudah tergiur dengan tawaran bekerja dengan gaji tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Ia minta masyarakat memastikan apakah perusahaan penyalur tenaga kerja tersebut resmi, agar mendapatkan hak-hak perlindungan sosial, kesejahteraan dan hukum.

BACA JUGA:  Warga Indrapuri Antusias Ikuti Sunat Ceria Bersama Sabur Partai Gelora

Share :

Baca Juga

Nasional

Pesan Kabarhakam Polri ke Jajaran dalam Pengamanan Pemilu 2024
Pak Untung

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Ucapkan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Pak Untung
Kebohongan Proyek BTS 4G

Hukrim

Mahfud MD Sebut 985 Tower BTS 4G Kemenkominfo Mangkrak dalam Kasus Johnny Plate
Pelanggaran HAM Berat

Daerah

Kapolda Aceh Hadiri Rakor dengan Menko Polhukam, Bahas Pelanggaran HAM Berat

Daerah

Kepala BNNP Aceh: Meningkatkan Kesadaran Bahaya Narkotika, Perlu Kerjasama Semua Pihak

Daerah

Kapolda Aceh Buka Gelar Operasional Polda Aceh Tahun 2023
Warga di Pidie Diciduk Polisi

Daerah

Simpan Sabu di Kamar Mandi, Seorang Warga di Pidie Diciduk Polisi
Pameran Produk Unggulan Aceh Besar

Daerah

Pengunjung Rakerda dan Pameran Serbu Stand Pameran Produk Unggulan Aceh Besar, Ada Apa?