"Saiful Bordir" Pengusaha Muda Berhasil Bangkitkan Minat Terhadap Seni Bordir di Tengah Tren Modernisasi - Aceh Headline

Home / Daerah / News

Selasa, 16 Mei 2023 - 17:13 WIB

“Saiful Bordir” Pengusaha Muda Berhasil Bangkitkan Minat Terhadap Seni Bordir di Tengah Tren Modernisasi

admin - Penulis Berita

Saiful Bahri menujukkan salah satu produk tas bordir produk Saiful Bordir | Foto: AcehHeadline.com

Saiful Bahri menujukkan salah satu produk tas bordir produk Saiful Bordir | Foto: AcehHeadline.com

AcehHeadline.com | Banda Aceh,- Saiful Bahri, seorang pengusaha muda yang berbakat dan berdedikasi, telah sukses mengembangkan industri bordir di Aceh dengan sentuhan kreativitasnya yang unik. Melalui upayanya, ia berhasil membangkitkan minat terhadap seni bordir di tengah-tengah tren modernisasi yang sedang berkembang.

Dilahirkan dan dibesarkan di Aceh Besar, Saiful Bahri sudah terpikat oleh keindahan bordir sejak ia masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Meskipun seni ini telah lama ada dalam budaya Aceh dan Indonesia umumnya, ia melihat potensi besar untuk menghidupkan kembali minat masyarakat Aceh khususnya terhadap bordir dengan pendekatan yang segar dan inovatif.

Dalam ungkapannya, usaha bordir merupakan lanjutan dari usaha Ibunya yang dulu merupakan seorang pengrajin bordir di Aceh Besar, dimulai dari bakat ibunya, pria yang hanya memiliki Ijazah SMP mampu melanjutkan ketrampilan seni bordir hingga sukses dalam bidang usahanya.

Dengan semangat wirausaha, diusianya 42 Tahun, Saiful Bahri dengan nama usahanya “Saiful Bordir” mendirikan usaha bordirnya sendiri pada tahun 2015.  Ia memulai dengan hanya beberapa mesin bordir kecil dan sekelompok karyawan yang berdedikasi. Namun, dengan fokusnya yang kuat pada kualitas dan kreativitas, bisnisnya tumbuh pesat dari tahun ke tahun dan mencapai omzet penjualannya 70 hingga 80 Juta per bulan.

Saiful Bordir
Beberapa Jenis Tas Bordir Produk Saiful Bordir

Hingga saat ini ia mampu memperkerjakan pengrajin bordir khususnya kaum ibu-ibu hingga 25 orang, dengan tangan pengrajin yang ulet mampu menghasilkan karya bordir yang indah dan menawan, ujar Saiful yang ditemui wartawan di kediamannya yang juga dijadikan tempat usaha miliknya di Jalan Tgk, di Lhong II, Dusun Keuchik Nain, Gampong Peunyerat, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh pada Senin (15/05/2023).

BACA JUGA:  Kombes Winardy: Penyerahan 2 Senjata M-16 Secara Sukarela Bentuk Apresiasi Warga Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Salah satu keunikan Saiful Bordir adalah kemampuannya menggabungkan tradisi bordir dengan desain modern. Ia menciptakan pola-pola yang inovatif dan menarik dengan menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan motif-motif kontemporer.

Karyanya yang menarik perhatian telah membuatnya dikenal di kalangan desainer dan pelanggan potensial di seluruh Indonesia hingga ke luar Negeri dengan produknya mulai dari kelas bawah hingga produk yang eksklusif.

Melalui upayanya yang gigih dan dukungan Pemerintah dalam mempromosikan bordir sebagai seni yang relevan dan modern, Saiful Bordir berhasil menarik minat generasi muda yang semakin cenderung mengikuti tren-tren global. Ia juga aktif berpartisipasi dalam pameran seni baik acara lokal maupun Nasional hingga tinggat Internasional sehingga tak heran produknya dikenal hingga ke luar Negeri.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis Saiful Bordir telah berkembang pesat. Usahanya kini memiliki pusat produksi yang modern. Ia juga mempekerjakan hingga 25 pengrajin yang terampil dan berbakat, memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal.

“Melalui karya bordir kami, kami ingin menginspirasi orang-orang untuk melihat seni dengan cara yang baru. Bordir bukan lagi hanya identik dengan tradisional, tapi juga bisa menjadi bagian dari gaya hidup modern,” ujar Saiful.

Keberhasilan Saiful Bordir tidak hanya terletak pada kesuksesan bisnisnya, tetapi juga pada perannya dalam menjaga warisan budaya Aceh dan Indonesia pada umumnya. Dengan mengangkat kembali minat masyarakat terhadap bordir, ia memberikan penghargaan yang pantas terhadap keterampilan dan keindahan seni tradisional.

Adapun produk yang dihasilkan oleh Saiful Bordir berupa tas berbagai motif, dompet, hingga tas laptop dan Hp dengan paduan motif menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan motif-motif kontemporer mulai kelas bawah, menangah hingga produk kelas eksklusif.

BACA JUGA:  Malam Terakhir PKA 8, Ribuan Pengunjung Penuhi Anjungan Aceh Besar

Ia menuturkan selain dipasarkan sendiri olehnya produknya juga dipasok dibeberapa souvenir di Banda Aceh, Lhokseumawe dan Aceh Tamiang, tak hanya disitu produk Saiful Bordir telah dipasarkan keseluruh penjuru tanah air hingga ke luar Negeri.

Tertarik atau penasaran dengan produk-produk yang dihasilkan Saiful Bordir? anda bisa langsung ke tempat usahanya di Jalan Tgk, di Lhong II, Dusun Keuchik Nain, Gampong Peunyerat, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh. anda juga bisa follow Instagram @humaira138 atau jika anda hendak memesan langsung produknya bisa menghubungi nomor telephon/whatsapp pribadinya di nomor 082160400143.

Share :

Baca Juga

Banda Aceh Mulai Bayarkan Utang

Daerah

Pemko Banda Aceh Mulai Bayarkan Utang 2022 kepada Rekanan Secara Bertahap
Tempat Hiburan dan Rekreasi di Medan

Nasional

Selama Ramadhan, Tempat Hiburan dan Rekreasi di Medan Wajib Tutup

Daerah

Polisi dan Warga Bersihkan Jalan dari Tanah Longsor
Harga BBM

Nasional

Hari Ini, Pertamina Resmi Turunkan Harga BBM Non Subsidi, Ini Harganya
Anak Dibawah Umur

Daerah

Kenal di Medsos, Pria Aceh Utara Gauli Anak Dibawah Umur Dihukum 100 Kali Cambuk
Kapolda Aceh Tanam Pohon

Daerah

Kapolda Aceh Tanam Pohon dan Santuni Anak Yatim di Kuta Cot Glie

Daerah

Polri Amankan KTT ASEAN ke-43 Jakarta Lewat Udara, Drone Nakal Akan Ditindak

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Pimpin Aksi 1 Jam Pungut Sampah di Pasar Tradisional Lambaro Angan