Polres Aceh Utara Gagalkan Transaksi Narkoba Jaringan International, 12 Kg Sabu dan 3 Tersangka Diamankan - Aceh Headline

Home / Daerah / Hukrim / Polri

Kamis, 18 Mei 2023 - 23:11 WIB

Polres Aceh Utara Gagalkan Transaksi Narkoba Jaringan International, 12 Kg Sabu dan 3 Tersangka Diamankan

admin - Penulis Berita

Polisi Gagalkan Transaksi 12 Kg Sabu Di Aceh Utara, 3 Tersangka Asal Pijay Diamankan. (Foto: hariandaerah.com/Nurmansyah).

Polisi Gagalkan Transaksi 12 Kg Sabu Di Aceh Utara, 3 Tersangka Asal Pijay Diamankan. (Foto: hariandaerah.com/Nurmansyah).

AcehHeadline.com | Aceh Utara,- Personel Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Aceh Utara berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu sebanyak 12 kilogram dari jaringan internasional perairan Thailand, dan berhasil juga menangkap tiga orang tersangka pelaku peredaran narkoba tersebut.

Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputra mengatakan, para tersangka yang ditangkap pada Jumat (12/5) lalu, ketiga tersangka berinisial DA (40), RA (46) dan FA (43) yang merupakan warga Kabupaten Pidie Jaya.

“Penangkapan tersebut berawal dari informasi bahwa akan ada transaksi narkoba jenis sabu-sabu di wilayah hukum Polres Aceh Utara. Kemudian, dari hasil pengembangan diketahui transaksi itu akan dilakukan di rumah tersangka DA di Pidie Jaya,” kata Deden, Kamis (18/5/2023).

Lebih lanjut, Deden mengatakan, setelah mendapat informasi tersebut tim bergerak langsung menuju lokasi yang dimaksud untuk menangkap tersangka DA bersama tersangka lainnya RA. Dalam penangkapan tersebut petugas juga berhasil mengamankan sebanyak lima bungkus sabu-sabu dengan berat masing-masing satu kilo per bungkus. “RA ini adalah pemilik barang haram tersebut, sementara DA sebagai pembeli barang,” ujarnya.

Kemudian, kata Deden, selanjutnya tim mendatangi rumah tersangka RA di Kecamatan Masjid, Kabupaten Pidie Jaya untuk melakukan penggerebekan dan kembali berhasil menemukan tujuh bungkus sabu dengan berat masing-masing satu kilo per bungkus..

“Sabu-sabu tersebut disembunyikan tersangka RA dengan cara dikubur dibelakang rumahnya. Jadi jumlah total sabu yang diamankan sebanyak 12 kilogram,” sebutnya.

Ia menyebutkan, dari rumah RA polisi juga mengamankan tersangka FA yang berperan sebagai penghubung antara DA dan RA untuk mendapatkan barang haram tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan penyidik, barang haram tersebut berasal dari Thailand yang diduga jaringan internasional yang didaratkan di perairan Pidie Jaya. Maka dari itu petugas masih melakukan pengembangan lebih lanjut terkait hal itu,” ucapnya.

BACA JUGA:  BI Aceh Gelar Kick Off Serambi 2024, Pj Wali Kota Imbau Warga Bijak Berbelanja

Deden mengatakan, atas keberhasilan personel dalam menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu seberat 12 kilogram atau senilai Rp14,2 miliar tersebut telah menyelamatkan generasi bangsa setidaknya sebanyak 120 ribu jiwa.

“Sementara ketiga tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2 yunto pasal 112 ayat 2 kemudian contoh Pasal 132 ayat 1 undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Kalender Event Budaya dan Pariwisata

Daerah

Disbudpar Aceh Segera Luncurkan Kalender Event Budaya dan Pariwisata 2023

Nasional

Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Polri Siapkan 2.627 Personel dan 8 Satgas
Infobank Award 2023

Daerah

Predikat Sangat Bagus, Bank Aceh Raih Penghargaan Infobank Award 2023
Korupsi Pengadaan Wastafel

Daerah

Polda Aceh Temukan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Wastafel 41,2 Miliar

Daerah

Gala Siswa Pelajar Tingkat SMP Aceh Besar, Dimulai

Daerah

Kapolda Aceh: Mayjen Novi Helmy Merupakan Anggota Kehormatan Polda Aceh

Daerah

PWI Aceh Besar dapat Kado Istimewa di Hari Pers Nasional
DPRK Banda Aceh Gelar Paripurna

Daerah

DPRK Banda Aceh Gelar Paripurna Penyampaian Usul, Saran dan Pendapat Banggar Terkait Raqan APBK 2022