Petani Lhoong Tanam Bawang Merah Perdana - Aceh Headline

Home / Daerah / Sosial

Kamis, 2 November 2023 - 13:33 WIB

Petani Lhoong Tanam Bawang Merah Perdana

admin - Penulis Berita

AcehHeadline.com | Aceh Besar- Petani Lhoong yang berada di Gampong Saney, Aceh Besar, melakukan tanam perdana bawang merah, Kamis (2/11/2023).

Penanaman bibit bawang merah merupakan bantuan seorang anggota DPRA, Abdurahman dari Fraksi Gerindra yang disalurkan melalui kelompok Tani Kreasi Baru untuk dibagikan kepada masyarakat Gampong Saney.

Bantuan dengan jumlah 5 Ton bibit bawang merah, kegiatan tersebut juga ikut  dibantu oleh sejumlah anggota BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Lhoong, Aceh Besar.

Yusriansyah SST, Koordinator BPP Lhoong berharap hasil dari bibit bawang merah ini dapat menjadi modal berkesinambungan bagi petani Gampong Saney yang saat ini sudah dikenal sebagai salah satu daerah sentral penghasil Bawang merah.

“Tentu diharapkan pada petani bawang, dengan adanya bantuan dari pemerintah ini dapat menjadi modal untuk terus membudidayakan varietas bawang merah ini, hingga memberikan nilai ekonomi bagi petani.”

Nazaruddin (47), salah satu petani bawang, mengatakan, budidaya bawang merah ini bukan merupakan hal baru lagi bagi mereka, walaupun wilayah Gampong Saney sendiri berada di pesisir pantai yang notabennya lahan tanah bercampur karang laut, namun kualitas bawang di sini diakuinya sangat bagus.

Meskipun, perawatan terhadap tanaman bawang ini harus dilakukan dengan serius, baik pemberian pupuk yang tepat dan penyiraman obat-obatan yang harus memperhatikan kondisi pertumbuhan bawang dan hama yang akan menyerang agar nantinya didapatkan panen yang bagus.

“Menanam bawang memang hanya menghabiskan waktu 2 bulan hingga panen, namun perawatan yang intensif biasanya baru dimulai pada bulan kedua, dengan pengedalian hama ulat dan layu daun yang sering menyerang,” paparnya

Selain itu, petani yang saat ini menjabat Geuchik Gampong Saney tersebut, mengucapkan terima kasih kepada BPP Lhoong, Dinas Pertanian Aceh Besar, bapak Abdurahman yang telah mendampingi dan membantu para petani selama ini.

BACA JUGA:  Aceh Besar Akan Rampungkan Pedoman Penyusunan APBG

“Semoga penanaman bawang merah tahun ini dapat menghasilkan panen yang baik, hingga harapan kami nantinya penen tersebut, dapat dihadiri oleh PJ Bupati Aceh Besar, bapak Iswanto, ke kampung kami,” harapnya sambil tersenyum.

Share :

Baca Juga

Daerah

Sepanjang Tahun 2023, BNNP Aceh Berhasil Amankan 5,6 Kg Sabu dan 119,3 Kg Ganja
Tilang manual

Daerah

Polda Aceh Tiadakan Tilang Manual saat Natal dan Tahun Baru 2024

Daerah

Dirreskrimsus Polda Aceh Bantah Tudingan YARA, Kombes Winardy: Kasus Belum Dihentikan, Belum Ada SP3

Daerah

Kapolda Aceh bersama Forkopimda Hadiri Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024

Daerah

326 Anak Paud dan TK Ikuti Kegiatan Polisi Sahabat Anak di Ditlantas Polda Aceh

Daerah

Banda Aceh dan Aceh Utara Tandatangani MoU Kerjasama Pelayanan Tera

Daerah

Usai Sosialisasi Illegal Mining, Kombes Winardy Terima 2 Pucuk M-16 Sisa Konflik di Pidie
BKSDA Wilayah V Dievaluasi

Daerah

Tidak Merespon Terhadap Beruang Madu yang Masuk Pemukiman Warga, Mahagapa Minta BKSDA Wilayah V Dievaluasi