Badai Tornado di AS Hancurkan Bangunan, 24 Orang Dilaporkan Tewas Puluhan Luka - Aceh Headline

Home / Internasional / News / Pristiwa

Senin, 3 April 2023 - 00:47 WIB

Badai Tornado di AS Hancurkan Bangunan, 24 Orang Dilaporkan Tewas Puluhan Luka

admin - Penulis Berita

Bagunan yang hacur akibat badai tornado di AS
Foto: Foto: AP/Adrian Sainz

Bagunan yang hacur akibat badai tornado di AS Foto: Foto: AP/Adrian Sainz

AcehHeadline.com | Amerika Serikat,- Tornado dahsyat melanda pantai timur Amerika Serikat (AS). Akibatnya puluhan orang tewas akibat badai dan tornado terkait peristiwa itu.

Dirangkum Minggu (2/4/2023), tornado dan badai menghancurkan beberapa negara bagian tengah AS. Awalnya korban tewas dilaporkan 5 orang, kini bertambah terus menjadi 24 orang akibat badai dan tornado terkait peristiwa.

Dilansir AFP, Minggu (2/4), tornado menyapu Arkansas pada Jumat (31/3), termasuk di ibu kota Little Rock yang menewaskan sedikitnya lima orang. Gubernur negara bagian itu, Sarah Huckabee Sanders melaporkan puluhan orang lainnya terluka akibat kejadian itu.

Kerusakan parah di daerah yang terkena dampak, dengan beberapa rumah rusak, mobil terbalik, dan pepohonan tumbang.Gubernur Sarah telah mengumumkan keadaan darurat dan mengaktifkan penjaga nasional untuk membantu upaya pemulihan.

Kota Wynne, di bagian timur laut negara bagian itu “terbelah dua akibat kerusakan dari timur ke barat,” kata Wali Kota Jennifer Hobbs.

Layanan cuaca nasional juga telah mengeluarkan peringatan tornado untuk beberapa negara bagian lain, dari sejauh utara hingga Iowa hingga negara bagian selatan Mississippi, di mana angin puting beliung minggu lalu menewaskan 25 orang dan menyebabkan kerusakan properti yang luas.

Bencana melanda kota Illinois Belvidere, di luar Chicago, ketika cuaca buruk menyebabkan atap dan bagian fasad Teater Apollo runtuh. Kepala Pemadam Belvidere, Shawn Schadle melaporkan satu kematian dan 28 luka-luka, termasuk lima orang yang dirawat di rumah sakit dengan luka serius.

Di negara bagian tetangga Indiana, tiga orang tewas akibat badai di Sullivan County, beberapa media AS melaporkan, mengutip pihak berwenang setempat.

Pejabat darurat setempat melaporkan tornado semalam juga merenggut satu nyawa di Pontotoc County, Mississippi, dan satu di Madison County, Alabama. Menurut situs web Poweroutage AS, sedikitnya 154.000 rumah tanpa listrik pada Sabtu.

BACA JUGA:  Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh Bekali Strategi Marketing dan Literasi Keuangan bagi Mahasiswi dan Alumni

Saat sistem tersebut menuju ke pantai timur AS pada Sabtu, beberapa negara bagian tengah Atlantik berada di bawah peringatan angin kencang.

“Hembusan angin maksimum bisa mendekati 60 mil (100 kilometer) per jam di sebagian besar Appalachian, Lembah Ohio bagian atas, dan Atlantik Tengah hari ini,” tulis Sistem Cuaca Nasional memperingatkan.

Share :

Baca Juga

DPRK Banda Aceh Gelar Paripurna

Daerah

DPRK Banda Aceh Gelar Paripurna Penyampaian Usul, Saran dan Pendapat Banggar Terkait Raqan APBK 2022

Daerah

Warga Indrapuri Antusias Ikuti Sunat Ceria Bersama Sabur Partai Gelora
Menjadikan Tiram Sebagai Bisnis Nyata

Daerah

Ketika Orang Tak Menyadari, Tgk Jamaika Menjadikan Tiram Sebagai Bisnis Nyata

Daerah

Polsek Peusangan Lakukan Monitoring dan Pengamanan Malam Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 H

Daerah

Firmandez Siap Lanjutkan Perjuangan Kekhususan dan Keistimewaan Aceh di Tingkat Pusat
Bandar Sabu

Daerah

Bidpropam Polda Aceh Masih Dalami Dugaan Pemerasaan terhadap Terduga Bandar Sabu
Audiensi

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Terima Audiensi Badan Pekerja GeRAK Aceh
Rokok Ilegal

Daerah

Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP Aceh Besar Berikan Edukasi pada Pedagang