Mahfud MD Bocorkan Bukti-Bukti Kasus Korupsi Proyek BTS 4G - Aceh Headline

Home / Hukrim / Nasional / News

Selasa, 23 Mei 2023 - 18:23 WIB

Mahfud MD Bocorkan Bukti-Bukti Kasus Korupsi Proyek BTS 4G

admin - Penulis Berita

Korupsi BTS Kominfo Satu Per Satu Terbongkar, Mahfud MD Bocorkan Bukti-bukti | Foto: Tvone.com

Korupsi BTS Kominfo Satu Per Satu Terbongkar, Mahfud MD Bocorkan Bukti-bukti | Foto: Tvone.com

AcehHeadline | Jakarta- Kasus korupsi proyek pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G yang menjerat eks Menkominfo, Johnny G Plate, satu per satu terbongkar. Bahkan baru-baru ini, Menko Polhukam, Mahfud MD, bocorkan bukti-bukti hingga rekaman suara atas kasus korupsi tersebut.

Mahfud MD yang baru saja mengisi jabatan sebagai Menkominfo itu mengungkapkan, penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) berhasil mengantongi bukti seperti dokumen hingga rekaman atas kasus BTS. Dia sebut, rekaman yang didapatkan Kejagung itu berisikan tentang percakapan beberapa pejabat yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi BTS 4G. Mirisnya, isi rekaman itu berisikan percakapan yang melibatkan pejabat penting disaat membagi proyek BTS 4G.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya bukti rekaman tersebut dapat membongkar tentang aliran dana yang telah merugikan negara hingga Rp8 triliun.

“Kejagung telah memiliki bukti kuat keterlibatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Yakin betul, bahwa ada dua alat bukti yang cukup, saya berpandangan bahwa itu sudah menjadi satu keharusan hukum untuk menjadikan sebagai tersangka,” kata Mahfud MD dalam keterangannya beberapa waktu lalu yang dikutip dari TVone.com

“Jika sudah yakin kemudian menunda, itu malah melanggar hukum, sehingga saya katakan penetapan tersangka itu adalah suatu keharusan hukum,” sambungnya.

Sebelum Johnny G Plate jadi tersangka kasus kroupsi BTS 4G, Mahfud MD ternyata sudah menegurnya. Tak lain, Mahfud MD menegur Johnny G Plate, karena proyek pembangunan tower BTS dan infrastruktur BAKTI mangkrak.

“Saya diangkat jadi Plt Menkominfo. Satu proyek korupsinya Rp8 triliun dari anggaran 10 triliun yang dikeluarkan. Tahu?,” ucap Mahfud dalam sambutannya di acara HUT Gerakan Bhineka Nasionalis (GBN), Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).

Mahfud menjelaskan bahwa pembangunan menara BTS memiliki anggaran sebanyak Rp28 triliun. Proyek itu dimulai pada 2020 dan diproyeksi rampung pada 2024.

BACA JUGA:  Mahfud MD Sebut 985 Tower BTS 4G Kemenkominfo Mangkrak dalam Kasus Johnny Plate

Mahfud mengatakan, pada 2021 dana sudah keluar sebesar Rp10 triliun. Namun Mahfud MD menyebutkan hingga akhir tahun 2021, barang belum juga terlihat. Kemudian, ia akui telah menegur Menkominfo terkait realisasi proyek tersebut yang belum juga terlihat.

“Jadi ini anggaran proyek untuk membangun BTS tiang-tiang untuk itu tower, anggaranya Rp 28 triliun, pada tahun 2020 dicairkan Rp 10 triliun, Desember 2021 tidak ada barangnya.

Padahal Rp 10 triliun sudah dikeluarkan,” pungkasnya. Ketika ditegur, Mahfud mengatakan bahwa pihak Kemenkominfo meminta perpanjangan waktu. “Ditegur kok begitu, minta perpanjangan sampai Maret,” ucapnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Sekda Aceh Besar Hadiri Maulid dan Terima Donasi Palestina di Kecamatan Ingin Jaya

Daerah

326 Anak Paud dan TK Ikuti Kegiatan Polisi Sahabat Anak di Ditlantas Polda Aceh
Gaji Aparatur Gampong

Daerah

Pemko Banda Aceh Pastikan Gaji Aparatur Gampong Dibayarkan Minggu Depan

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Deklarasi Kecamatan ODF di Lhoknga
Sinergisitas TNI-Polri

Daerah

Sinergisitas TNI-Polri, Kapolda Aceh dan Pangdam IM Olahraga Bersama
Tarawih

Daerah

Tarawih Malam Pertama, Pj Wali Kota Banda Aceh Isi Tausiah di Masjid Oman
Program I'm Jagong

Daerah

Kapolda Aceh Hadiri Acara Tanam Jagung Perdana Program I’m Jagong
Tata Tulis Ilmiah

Daerah

Dorong Kreativitas Pendidik, SMK Negeri Penerbangan Aceh Kolaborasi dengan USK dalam Tata Tulis Ilmiah Melalui Workshop