Gampong Garot Wakili Aceh Besar Ikuti Pelatihan BUMG Kluster Usaha Perikanan - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Pemerintah

Rabu, 23 Agustus 2023 - 22:36 WIB

Gampong Garot Wakili Aceh Besar Ikuti Pelatihan BUMG Kluster Usaha Perikanan

admin - Penulis Berita

Keuchik Gampong Garot Teddy Helvan mengikuti pelatihan pengembang usaha Perikanan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh di Hotel Arabiya, Blang Padang, Banda Aceh, Rabu (23/8/2023). FOTO/ ACEH BESAR

Keuchik Gampong Garot Teddy Helvan mengikuti pelatihan pengembang usaha Perikanan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh di Hotel Arabiya, Blang Padang, Banda Aceh, Rabu (23/8/2023). FOTO/ ACEH BESAR

AcehHeadline.com | BANDA ACEH – Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Garot Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar  yang memiliki kluster usaha Perikanan mengikuti pelatihan pengembang usaha yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh di Hotel Arabiya, Blang Padang, Banda Aceh, Rabu (23/8/2023).

Keuchik Gampong Garot Teddy Helvan mengatakan, gampong yang dipimpinnya memiliki BUMG Kluster Perikanan, sehingga diberikan pelatihan untuk pengembangan usaha tersebut, agar lebih berdampak luas bagi perekonomian dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Unit usaha perikanan ini sudah tersedia lahan maupun kolam eks Program ketahanan pangan beberapa waktu lalu. “Kalau dulu hasil panennya diberikan kepada masyarakat duafa, namun untuk ke depannya kita lebih kepada pemasaran, agar BUMG dan Pemerintah Gampong mendapatkan PAD Gampong.

“Iya kita memiliki BUMG kluster usaha Perikanan, yang dicetus bersama masyarakat pada akhir pandemi Covid 19 tahun 2022,” jelasnya.

Teddy juga mengaku saat itu ia melihat ada lahan yang sangat potensial untuk budidaya ikan air tawar, karena juga dekat dengan sungai. Sehingga gagasan itu dituangkan dalam musyawarah bersama masyarakat.

“Berawal dari gagasan untuk memanfaatkan sebuah lahan potensial budidaya ikan, alhmdulillah mendapat dukungan masyarakat hingga menarik perhatian pemerintah untuk dibina hingga pengembangan usaha ini,” ujarnya.

Ia yakin dengan materi yang diberikan dan pendampingan serta pengawasan nantinya, akan dapat memajukan usaha perikanan khususnya yang dikelola oleh BUMG serta dapat memberikan motivasi sehingga melahirkan banyak kluster Perikanan di gampong lain. (**)

BACA JUGA:  Menang 2-0, Eksekutif Pemkab Abes Revans Eksekutif Lanud SIM

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolda Aceh Salurkan Puluhan Paket Bansos kepada Masyarakat di Bener Meriah
Wilayah Terdampak Banjir

Daerah

PLN Terpaksa Padamkan Listrik Sejumlah Wilayah yang Terdampak Banjir

Daerah

Personel Rorena Polda Aceh Beri Sembako kepada Masyarakat Membutuhkan
Pelanggaran HAM Berat

Daerah

Kapolda Aceh Hadiri Rakor dengan Menko Polhukam, Bahas Pelanggaran HAM Berat

Daerah

Wardiati Lantik Ketua PKK Syiah Kuala

Nasional

Polri Gelar Hoegeng Awards 2024, Polisi Teladan Berdasarkan Usulan Publik
Anak Dibawah Umur

Daerah

Cabuli Cucunya Usia 8 Tahun, Kakek 61 Tahun di Aceh Utara Diringkus Polisi

Daerah

Pidie Ikutsertakan Muloh Teupeh Dan Sie Itek Puteh Lomba Kuliner Kreasi