Disbudpar Aceh Fasilitasi 10 Pelaku Ekraf Aceh Ikuti Benchmarking ke Sumut - Aceh Headline

Home / Daerah / Nasional / News

Jumat, 18 November 2022 - 12:43 WIB

Disbudpar Aceh Fasilitasi 10 Pelaku Ekraf Aceh Ikuti Benchmarking ke Sumut

admin - Penulis Berita

AcehHeadline | Sumut – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh membawa 10 orang pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) Aceh untuk mengikuti benchmarking ke Sumatera Utara, pada tanggal 18-20 November 2022.

“Para pelaku ekraf Aceh akan melihat dan mempelajari bagaimana cara Sumatera Utara mengembangkan sektor ekonomi kreatif untuk mendongkrak pertumbuhan industri pariwisata,” kata Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, melalui Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata dan Kelembagaan, Ismail, Jumat (18/11/2022).

“Kita pilih Sumut karena telah berhasil membangun ekonomi kreatif dan menjadi percontohan bagi daerah lain. Karenanya kita harapkan para peserta yang dibawa dapat betul-betul memanfaatkan momen tersebut sehingga bisa memberikan dampak positif buat Aceh,” imbuhnya.

 

Selama di Sumatera Utara, peserta bechmarking langsung di bawah kendali Muhammad sebagai ketua tim, menjalin sinergisitas dan kolaborasi dengan pemda dan pelaku ekraf setempat. Di hari pertama, peserta pelaku ekraf melakukan audiensi di Aula Hotel Grand Kanaya Medan dengan para sesama pelaku usaha ekonomi kreatif Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Zumri Sulthony, S. Sos, M. Si melalui Pamong Budaya Madya Ibu Dra. Misnah Shalihat, M. Hum mengatakan, Pemprov Sumut mendukung penuh para pelaku ekraf di Sumut. Tidak hanya menyediakan fasilitas seperti di Desa wisata, Kawa Lama Area Pasar Kamu (Pasar Ekonomi Kreatif), Agowisata Paloh Naga, Sanggar Lingkaran, Telaga Indah (Budidaya Ikan Hias), tenun batik manggrove, tenun batik tulis LANGGAM sebagai tempat tumbuh-kembangnya komunitas pelaku ekonomi kreatif, tetapi juga mendukung dalam bentuk pembiayaan dan networking.

“Kunci keberhasilan di sini adalah sinergi dan kolaborasi. Kita kerjasama dengan berbagai pihak dari unsur pentahelix pariwisata, bahu-membahu membangun ekraf,” ujar Ibu Dra. Misnah Shalihat, M. Hum.

BACA JUGA:  Kabid Humas: Lokasi Video Kekerasan yang Beredar di Medsos Bukan di Aceh

Salah satu peserta benchmarking Rahmat Saputra mengapresiasi Pemerintah Aceh yang membawa para pelaku ekraf Aceh ke Kota Medan, Sumatera Utara. Hal itu menjadi trigger bagi mereka untuk melakukan hal serupa di Aceh apalagi saat ini Pemerintah Aceh juga sedang gencar mendorong perkembangan sektor pelaku usaha ekonomi kreatif.(R)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kapolri Pastikan Beri Pelayanan Terbaik bagi Keluarga Korban Kecelakaan Tol Cikampek

Nasional

PT.Adhi Karya Dibayar Rp 8 T Buat Proyek Ini, Sudah Terima Rp 5 T

Daerah

Polda Aceh Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2024

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Pimpin Aksi 1 Jam Pungut Sampah di Pasar Tradisional Lambaro Angan 
Computer Security Incident Response Team

Daerah

Wakapolda Aceh Hadiri Peluncuran Computer Security Incident Response Team
Infobank Award 2023

Daerah

Predikat Sangat Bagus, Bank Aceh Raih Penghargaan Infobank Award 2023

Nasional

Polri Keluarkan Aturan Optimalkan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Melalui ETLE dan Tiadakan Razia
Pasar Murah

Daerah

Tanggap Inflasi, Pemerintah Gelar Pasar Murah, Berikut Jadwal dan Lokasi di Banda Aceh