Aceh Besar Akan Rampungkan Pedoman Penyusunan APBG - Aceh Headline

Home / Daerah / Sosial

Selasa, 16 Januari 2024 - 13:07 WIB

Aceh Besar Akan Rampungkan Pedoman Penyusunan APBG

admin - Penulis Berita

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Besar Carbaini S.Ag

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Besar Carbaini S.Ag

AcehHeadline.com | Aceh Besar, – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sedang merampungkan pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong sebagai pedoman tahunan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Besar Carbaini S.Ag disela-sela kesibukannya di Kota Jantho, Senin (15/01/2023).

“Saat ini kita sedang mengejar dan merampungkan pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong untuk dikeluarkan menjadi Peraturan Bupati Aceh Besar,” katanya.

Ia menambahkan bahwa minggu lalu telah melakukan rapat koordinasi bersama para Camat dalam lingkungan Kabupaten Aceh Besar dalam rangka pembahasan rancangan peraturan Bupati tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong.

“Kemaren kita telah lakukan Rakor untuk menerima masukan yang turut dihadiri seluruh camat, Kasi PMG dan Koordinator TPP Aceh Besar,” sebut Carbaini.

Untuk tahapan selanjutnya, esok akan digelar rapat pembahasan ditingkat kabupaten dengan melibatkan seluruh stakeholder organisasi perangkat daerah serta TP PKK Aceh Besar.

“Esok akan kita lakukan rapat koordinasi ditingkat Kabupaten, melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah termasuk TP PKK Aceh Besar,” ujarnya.

Pedoman Penyusunan APBG dilakukan setiap tahunnya ditingkat Kabupaten dengan dikeluarkan dalam bentuk peraturan Bupati sebagai dasar pedoman penyusunan anggaran di gampong-gampong, hal itu harus merujuk pada peraturan kementerian keuangan setiap tahun berdasarkan arahan prioritas pemanfaatan dana desa.

Carbaini juga mengatakan jika proses rangcangan ini telah selesai dilaksanakan, nantinya juga akan dilanjutkan dengan harmonisasi ditingkat provinsi, jik telah disetujui maka baru bisa diberlakukan sebagai peraturan yang kan dijadikan pedoman penyusunan APBG.

“Jika proses rangcangan ini telah selesai dilaksanakan, nantinya juga akan dilanjutkan dengan harmonisasi ditingkat provinsi, jika telah disetujui maka baru bisa diberlakukan sebagai peraturan yang kan dijadikan pedoman penyusunan APBG,” demikian kata Carbaini. (**)

BACA JUGA:  Personel Ditreskrimsus Polda Aceh kembali Bagikan 250 Paket Takjil

Share :

Baca Juga

Daerah

Penggalangan Dana untuk Palestina dari Arena PKA

Daerah

Polda Aceh Tangani 7 Kasus dan Tetapkan 16 Tersangka Kasus TPPM Pegungsi Rohingya

Daerah

Karo SDM Polda Aceh: Talenta Bintara Polri adalah Figur Agent of Change

Daerah

Hadiri Maulid di Komplek Makam Syiah Kuala, Geuchik Rumpet Ucapkan Terimakasih kepada PJ Bupati Aceh Besar
Penanaman 10 Juta

Daerah

Kapolda Aceh Ikuti Penanaman 10 Juta Pohon bersama Polri
Anak Dibawah Umur

Daerah

Cabuli Cucunya Usia 8 Tahun, Kakek 61 Tahun di Aceh Utara Diringkus Polisi

Daerah

Terkesan Kualitas Bacaan Al-Quran, Mentan Hadiahkan 1 Unit Traktor kepada Staf Biro Adpim Aceh
Rokok Ilegal

Daerah

Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP Aceh Besar Berikan Edukasi pada Pedagang