Pj Bupati Aceh Besar Irup Hari Ibu ke-95 - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Pemerintah

Jumat, 22 Desember 2023 - 14:53 WIB

Pj Bupati Aceh Besar Irup Hari Ibu ke-95

admin - Penulis Berita

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (21/12/2023).   FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (21/12/2023).  FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

Darul Kamal Terpilih sebagai Kecamatan Lokomotif

AcehHeadline.com | Aceh Besar, – Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Aceh Besar, di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (21/12/2023).

Perwira upacara adalah Rahmadaniaty SSos MM (Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Besar), Komandan Upacara Iptu Endang Sulastri SH (Kapolsek Baitussalam), pembaca ayat suci Al-Quran Nusyarifah SPd (juara I Qiraah Murattal Dewasa pada MTQ tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah/juara harapan II Qiraah Murattal pada MTQN di Kalimantan Selatan.

Sejarah Singkat Hari Ibu dibacakan oleh Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, serta pembaca naskah pembukaan UUD 1945 adalah Nurliana Hamsahtun Siregar SPd MPd (peraih terbaik I GTK Inovatif tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 dan juara II kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi Aceh).

Sedangkan paduan suara diikuti oleh para Ketua TP-PKK kecamatan se-Aceh Besar.

Hadir dalam kesempatan itu, Danlanud SIM Kol Pnb Yoyon Kuscahyono S.Sos, unsur Forkopimda, dan para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, jajaran camat, para Ketua TP-PKK Kecamatan se-Aceh Besar, dan pengurus organisasi wanita yang ada di Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan hadiah kepada Kecamatan Darul Kamal yang terpilih sebagai Kecamatan Lokomotif tahun 2023 di Aceh Besar.

Juga ikut diserahkan hadiah lainnya dalam rangka memeriahkan Hari Ibu tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023. Penyerahan hadiah yang dilakukan Pj Bupati bersama Forkopimda ini dipusatkan di Meuligo Bupati Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muhammad Iswanto mengemukakan, peringatan hari ibu menjadi momen penting serta penghargaan, penghormatan, serta apresiasi untuk seluruh perempuan atas peran, dedikasi, serta kontribusi bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

BACA JUGA:  Mencegah "Power Tends to Corrupt" MK Tolak Gugatan Masa Jabatan Kades

“Melalui peringatan Hari Ibu ini tentunya diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya.

Iswanto melanjutkan, perempuan Indonesia telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan. Telah banyak bukti besarnya peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan.

Hal ini membuktikan bahwa perempuan, apabila diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

Oleh karena itu, sebagaimana tema peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 ini yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, diharapkan akan memberikan inpirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran perempuan dalam mencapai kemajuan Indonesia.

Tema ini menjelaskan pula bahwa perempuan Indonesia merupakan perempuan-perempuan tangguh dan berdaya, yang mampu mewarnai segala proses memajukan bangsa mewujudkan kesejahteraan.

Kaum perempuan Indonesia, khususnya diharapkan untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri. Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyata.

Bertepatan dengan momentum pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 Tahun 2023 ini, Pj Bupati Aceh Besar mengimbau sekaligus mengajak semua elemen, khususnya para ibu-ibu untuk lebih responsive dan peka terhadap isu-isu perkembangan sosial khususnya terkait perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak, guna untuk mendukung percepatan pembangunan yang berkeadilan serta menghindari ketimpangan sosial di masyarakat, khususnya di kabupaten Aceh Besar.

“Melalui Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 ini mari kita terus gencarkan gerakan dalam upaya mendukung Pemberdayaan Perempuan dalam berbagai macam sektor, terutama dari segi peningkatan kompetensi, prestasi dan kreatifitas di berbagai bidang pengetahuan, keterampilan, dan budaya di Kabupaten Aceh Besar,” pungkas Iswanto.

BACA JUGA:  Khazanah Piasan Nanggroe 2023 Resmi Diluncurkan di Anjungan Aceh TMII

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB, PP, dan PA Kabupaten Aceh Besar Drs Fadhlan menambahkan, dalam rangka Hari Ibu tahun 2023 tersebut, Pemkab Aceh Besar menggelar aneka perlombaan.

Kecamatan Darul Kamal terpilih sebagai Kecamatan Lokomotif. Adapun untuk lomba marhaban, juara I, II, III, harapan I, harapan II, dan juara favorit masing-masing diperoleh kecamatan Kota Jantho, Peukan Bada, Baitussalam, Kuta Malaka, Krueng Barona Jaya, dan Kuta Baro. Sedangkan untuk lomba menjahit kancing baju, juara I, II, III, harapan I, harapan II, dan juara favorit dimenangkan oleh BPKD, PDAM, Satpol PP dan WH, Dinas Sosial, Dinas PUPR, dan Disparpora.

Sedangkan Kabag Kesra Setdakab Aceh Besar, Zaini SH MH mengatakan, dalam momentum tersebut, Pj Bupati Aceh Besar bersama Forkopimda juga menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023.

Untuk kategori dayah, Juara I, II, dan III dimenangkan Dayah Samudra Pasai Madani Darul Imarah, Dayah Tgk Chiek Oemar Diyan Indrapuri, dan Dayah Darul Qur’an Aceh Kuta Malaka.

Untuk tingkat SMP/MTs, juara I, II, dan III direbut oleh SMPN Peukan Bada, SMPN 3 Montasik, serta SMPN 2 Darul Imarah. Kategori SD/MIN, juara I, II, dan III masing-masing diraih MIN 27 Aceh Besar, SDN Lamisek Peukan Bada, dan SDN Lambaro Angan. Adapun untuk tingkat TK/PAUD, juara I, II, dan III diperoleh TK Islam Terpadu Alif Ingin Jaya, Boh Hatee Ma Mesjid Raya, dan PAUD Raudhatul Quddus Krueng Barona Jaya.(**)

Share :

Baca Juga

Daerah

Jalan Blang Bintang – Krueng Raya Aceh Besar Diperlebar

Daerah

Aceh Besar Akan Rampungkan Pedoman Penyusunan APBG

Daerah

Menang 2-0, Eksekutif Pemkab Abes Revans Eksekutif Lanud SIM
Bantuan Masa Panik

Daerah

Pj Wali Kota Serahkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran Kampung Mulia
gunung merapi erupsi

Nasional

Gunung Merapi di Perbatasan Jawa Tengah dan DIY Erupsi, Berikut Laporan BPPTKG
PKA ke-8 Diundur

Daerah

PKA ke-8 Diundur Hingga November, Ini Alasan dan Jadwalnya!

Daerah

Pemkab Aceh Besar Lantik 19 Pejabat Administrator dan Pengawas

Daerah

Pj Bupati Muhammad Iswanto Inspektur Apel Siaga Satlinmas dan Pembekalan Pemilu