Pidie Ikutsertakan Muloh Teupeh Dan Sie Itek Puteh Lomba Kuliner Kreasi - Aceh Headline

Home / Daerah

Minggu, 12 November 2023 - 11:36 WIB

Pidie Ikutsertakan Muloh Teupeh Dan Sie Itek Puteh Lomba Kuliner Kreasi

Redaksi Aceh Headline - Penulis Berita

AcehHeadline.com | Pidie – Kontingen Kabupaten Pidie  mengikutsertakan menu tradisional Pidie Muloh Teupeh (Bandeng tanpa duri) dan Sie Itek Puteh (Bebek masak putih) pada lomba memasak  kuliner kreasi di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh, Sabtu (11-11-2023).

Salah seorang juru masak, Nur Malia Sari mengatakan, Muloh Teupeh merupakan Ikan Bandeng segar yang telah dipisahkan tulang, kemudian dagingnya dikeluarkan dari kulit untuk ditumis dengan berbagai macam bumbu dan rempah seperti Bawang, Kemiri, dan Santan.

“Jadi setelah daging ikan tersebut matang, kemudian isiannya kembali dimasukkan kedalam kulit Ikan Bandeng, baru dibungkus dengan daun dan kita bakar. Kreasi yang kita buat dari olahan ini ada Muloh Teupeh digoreng dengan tepung selanjutnya kudapan beras ketan diisi dengan daging Muloh Teupeh,” terangnya saat menjelaskan menu masakan dihadapan dewan juri.

Ia menambahkan, Muloh Teupeh bagus dikonsumsi anak-anak karena ini salah satu makanan yang tinggi protein dan dapat mencegah stunting.

“Kita orang tua juga tidak perlu khawatir saat anak-anak mengkonsumsi Muloh Teupeh, aman tidak lagi ada duri, anakpun tidak akan tersedak,” jelasnya.

Sementara itu, menu Sie Itek Puteh menjadi salah satu pilihan masyarakat Pidie dalam berbagai acara. Menu ini merupakan makanan keluarga karena rasanya yang tidak pedas.

“Selain dimasak dengan dengan bumbu putih, kreasi lain yaitu dipanggang, dan dibuat abon. Ini semua masakan tradisonal tetapi bisa kita modern kan sesuai perkembangan zaman,” ungkapnya.

Sebagai pelengkap, dalam perlombaan ini, Pidie juga menyajikan minuman segar yang terbuat dari Sari Jeruk Nipis diberi nama Ie Kuyun (Air Jeruk Nipis) Aromatik.

“Ie Kuyun Aromatik terbuat dari sari Jeruk Nipis, kemudian dipadukan dengan rempah yang digiling seperti Kapulaga, Jintan Manis, Daun Pandan, kemudian diambil sarinya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Kapolda Aceh Cek Situasi Arus Balik Mudik Gratis di Kapal Penyeberangan Banda Aceh-Sabang

Share :

Baca Juga

Daerah

Sekda Aceh Besar Hadiri Maulid dan Terima Donasi Palestina di Kecamatan Ingin Jaya
Cikal Bakalnya Rapa’i Pasee

Daerah

Apa Kaoy: Cikal Bakalnya Rapa’i Pasee dari “Pruk-Pruk”, Kadisbudpar Aceh Optimis dan Berkomitmen Terus Melestarikannya
Tekan inflasi

Daerah

Tekan Inflasi, Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Operasi Pasar
Dampak Produksi Migas Medco

Daerah

Dampak Produksi Migas Medco, WALHI Aceh : BPMA dan DLHK Aceh Jangan jadi Humas Medco
Waspadai Hoaks

Daerah

Kapolres Aceh Tengah Ingatkan Para Siswa Waspadai Hoaks

Daerah

Pemkab Aceh Besar Salurkan Bantuan Masa Panik Korban Kebakaran Lam Apeng
MQK se-Aceh

Daerah

Penjabat Gubernur Aceh Tutup MQK se-Aceh, Kafilah Aceh Besar Raih Juara Umum

Daerah

Pride Aceh Ajak Masyarakat Bijak Dalam Bersosial Media