Persiapan PKA ke-8, Aceh Utara Siap Pertahankan Keberagaman Budaya dan Identitas Aceh - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Pendidikan

Jumat, 2 Juni 2023 - 15:57 WIB

Persiapan PKA ke-8, Aceh Utara Siap Pertahankan Keberagaman Budaya dan Identitas Aceh

admin - Penulis Berita

AcehHeadline.com | Aceh Utara,- Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) merupakan acara yang digelar 4 Tahun sekali yang menjadi platform penting dalam mempromosikan dan mempertahankan kekayaan budaya Aceh. pada PKA ke-8 Aceh Utara dengan bangga bergabung dalam perhelatan ini untuk memamerkan keunikan dan keberagaman budaya yang dimiliki.

“Kapupaten Aceh Utara sedang melakukan persiapan untuk mengikuti PKA, termasuk langkah-langkah yang diambil untuk memastikan partisipasi yang sukses”, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, H. Jamaluddin melalui Kabid Kebudayaan, Yulizar.

Sebagai langkah awal, kata Yulizar, Kabupaten Aceh Utara melakukan identifikasi potensi budaya yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Tim yang terdiri dari akademisi, tokoh masyarakat, dan pemerintah setempat bekerja sama untuk menemukan dan mendokumentasikan kekayaan budaya yang ada. Hal ini meliputi tradisi, tarian, musik, kuliner, pakaian adat, serta kerajinan tangan yang unik.

PKA ke-8 ini Aceh Utara juga membentuk tim koordinasi khusus yang bertanggung jawab untuk persiapan PKA. Tim ini terdiri dari berbagai stakeholder, termasuk perwakilan dari dinas kebudayaan dan pariwisata, serta komunitas seniman dan budayawan. Tim ini bertugas mengoordinasikan semua kegiatan yang terkait dengan partisipasi Kabupaten Aceh Utara dalam PKA yang ke 8.

Yulizar menyadari pentingnya mempersiapkan seniman lokal agar tampil maksimal dalam PKA. “Oleh karena itu kita lakukan pelatihan dan pembinaan kepada para seniman agar mereka dapat memperdalam keterampilan mereka dalam bidang seni dan budaya. Pelatihan meliputi aspek-aspek seperti tarian tradisional, musik, seni rupa, dan pentas teater.

Berdasarkan identifikasi potensi budaya yang telah dilakukan, lanjut Yulizar, Aceh Utara memilih beberapa jenis seni dan budaya yang akan diwakili dalam PKA. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan keunikan, keaslian, dan daya tarik dari setiap bentuk seni tersebut. Pemilihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa Kabupaten Aceh Utara mampu memamerkan keberagaman budaya yang autentik.

BACA JUGA:  Mayat Tanpa Identitas Tergeletak di Badan Jalan Medan-Banda Aceh Hebohkan Warga Lhokseumawe

Sebagai bagian dari persiapan, kata Yulizar, Aceh Utara juga menyiapkan materi promosi yang menarik untuk memperkenalkan potensi budaya kepada masyarakat luas. Materi promosi ini dapat berupa brosur, poster, video pendek, atau kampanye media sosial. Tujuannya tidak lain, adalah untuk menarik minat pengunjung dan memperluas jangkauan pesan kebudayaan Kabupaten Aceh Utara.

Yulizar juga menjelaskan, pihaknya juga menjalin komunikasi yang baik dengan panitia PKA di tingkat Propinsi untuk memastikan pemahaman yang jelas tentang persyaratan teknis, jadwal acara, dan tata cara partisipasi. Kerja sama yang baik antara Kabupaten Aceh Utara dan pihak panitia besar PKA menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi perhelatan budaya ini.

Persiapan yang matang dan terencana adalah kunci untuk memastikan partisipasi Aceh Utara dalam PKA berjalan dengan sukses, ujar Yulizar.

“Dengan mengidentifikasi potensi budaya, membentuk tim koordinasi, melakukan pelatihan kepada seniman lokal, memilih representasi budaya yang tepat, menyiapkan materi promosi, dan berkoordinasi dengan pihak panitia PKA, Kabupaten Aceh Utara siap untuk mempertahankan keberagaman budaya dan identitas Aceh”.

Semoga kehadiran Kabupaten Aceh Utara dalam PKAyang ke 8 dapat menginspirasi masyarakat Aceh Utara khususnya dan Aceh pada umumnya dan memperkuat kecintaan terhadap budaya lokal, pungkas Yulizar.

Share :

Baca Juga

Daerah

Aceh Ramadhan Festival Kembali Hadir Menyapa Warga Banda Aceh
Kalender Event Budaya dan Pariwisata

Daerah

Disbudpar Aceh Segera Luncurkan Kalender Event Budaya dan Pariwisata 2023
AKBP Sutan Siregar.

News

Kapolda Aceh Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya AKBP Sutan Siregar

Daerah

Petani Aceh Besar Dukung PON, Jadwal Tanam Jalan Terus

Daerah

Inspektorat Aceh Besar Gelar Sosialisasi dan FGD Penyusunan RTP
Kendalikan Inflasi di Banda Aceh

Daerah

Kendalikan Inflasi di Banda Aceh, Bakri Siddiq Sidak Pasar

Daerah

Jumat Berkah, Ditlantas Polda Aceh Berbagi dengan Cleaning Service dan Abang Becak
Halal Bihalal Alumni Ekonomi Unsyiah

Daerah

Halal Bihalal Alumni Ekonomi Unsyiah Angkatan 92 Bangkitkan Semangat Kebersamaan dan Keakraban