Pengurus TP PKK Kota Jantho Diberi Pengenalan Seni Lukis oleh Dosen ISBI Aceh - Aceh Headline

Home / Daerah / Sosial

Minggu, 17 September 2023 - 15:37 WIB

Pengurus TP PKK Kota Jantho Diberi Pengenalan Seni Lukis oleh Dosen ISBI Aceh

admin - Penulis Berita

Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jantho Aceh Besar mengikuti kegiatan pengenalan seni lukis yang diberikan oleh dosen ISBI (Institute Seni Budaya Indonesia) di Gedung Serbaguna, Gampong Jantho Makmur, Minggu (17/9/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jantho Aceh Besar mengikuti kegiatan pengenalan seni lukis yang diberikan oleh dosen ISBI (Institute Seni Budaya Indonesia) di Gedung Serbaguna, Gampong Jantho Makmur, Minggu (17/9/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

AcehHeadline.com | Aceh Besar – Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jantho Aceh Besar telah mengikuti kegiatan pengenalan seni lukis yang diberikan oleh dosen ISBI (Institute Seni Budaya Indonesia). Hal itu sebagaimana disampaikan Keuchik Jantho Makmur Sabri di Kota Jantho, Minggu (17/9/2023).

“Pemerintah Gampong sangat mendukung kegiatan pengenalan kreatifitas seni pada media tas dan sebagainya bagi Pengurus TP PKK Jantho Makmur yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa ISBI Aceh,” ujarnya.

Program pengenalan seni lukis melalui media tas dengan teknik dekoratif tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk kreatif dan inovatif tersebut dibimbing oleh Dosen ISBI Aceh Miftahun Naufa, M.Sn., Anni Kholilah, M.Sn., Muhammad Ghifari, M.Sn beserta beberapa mahasiswa dari Program Studi Seni Rupa Murni dan Program Studi Desain Komunikasi Visual.

Ketua TP PKK Gampong Jantho Makmur Suryani Sabri mengatakan kehadiran ISBI Aceh sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan sentuhan seni, estetika, dan meningkatkan kreatifitas masyarakat secara langsung. Sehingga katanya, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami mendapatkan dampak positif secara langsung, diberikan pengenalan bagaimana melukis pada media tas, dan bagaimana menjadikan tas yang polos memiliki nilai seni dan menjadi produk inovatif yang tentunya memiliki nilai jual lebih.

“Tentunya dengan pengenalan seni lukis ini kami berharap dapat menghasilkan produk-produk kreatif dan inovatif sehingga dapat kami bawa pada perlombaan maupun pameran-pameran kelompok PKK tingkat Kabupaten,” katanya.

Sementara Dosen ISBI Anni Kholilah M.Sn menjelaskan proses terciptanya karya pada kegiatan ini melalui beberapa tahapan. Tahap pertama diawali dengan perancangan sketsa dan desain gambar.

“Disini setiap peserta kita berikan pensil, kertas, dan alat gambar lainnya, kemudian diminta membuat rancangan sketsa sesuai dengan keinginannya masing-masing untuk melihat tingkat kretifitas dan imajinasi peserta,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Polda Aceh Bongkar Kasus Penyelundupan Rohingya

Pada tahap berikutnya, Anni menjelaskan masing-masing peserta diberikan tas untuk diberikan motif dekoratif sesuai dengan apa yang mereka rancang pada kertas sebelumnya. Ini merupakan tahapan yang sedikit sulit dibandingkan tahapan awal, sebab para peserta harus menggunakan kuas dan cat langsung ke media tas.

“Selanjutnya dilakukan tahap akhir proses pemberian kontur atau outline pada setiap motif dekoratif yang sudah selesai dilukis pada masing-masing tas,” ujar Anni. (**)

Share :

Baca Juga

Pengawasan Pupuk

Daerah

Tim KP3 Aceh Besar Lakukan Pengawasan Pupuk dan Pestisida di Kecamatan Darussalam
Aktivitas Tambang secara Ilegal

Daerah

Robohnya RS Regional Aceh Tengah Diduga Karena Pencurian Spek

Daerah

Satgas OMB Seulawah 2023-2024 Gelar Apel Rutin
Upacara Kemerdekaan

Daerah

Brigjen Syamsul Bahri Pimpin Upacara Kemerdekaan di Polda Aceh

Daerah

Pemkab Aceh Besar Kurang Peduli Terhadap Kontingen Anak Saleh Aceh Besar Di Festival Fasi Tingkat Provinsi Aceh

Daerah

Polisi Salurkan Air Bersih untuk Korban Banjir di Trumon Tengah
PKA ke-8

Daerah

Pemerintah Aceh Ajak Perwakilan Negara Sahabat untuk Kolaborasi di PKA ke-8
Kedatangan Mahfud MD

Daerah

Kapolda Aceh Sambut Kedatangan Mahfud MD di Bandara SIM