KKR Aceh dan DKBP3A Aceh Tengah Koordinasi Pemenuhan Hak Perempuan Korban Pelanggaran HAM Masa Lalu - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Sosial

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:01 WIB

KKR Aceh dan DKBP3A Aceh Tengah Koordinasi Pemenuhan Hak Perempuan Korban Pelanggaran HAM Masa Lalu

Redaksi Aceh Headline - Penulis Berita

AcehHeadlin.com | Aceh Tengah,– Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh gelar  pertemuan dengan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) dalam rangka pemetaan pemenuhan hak perempuan korban pelanggaran HAM masa lalu di Aceh dan korban Kekerasan Seksual (KS).

Pertemuan tersebut dilaksanakan diruang Kadis DKBP3A pada 3 Agustus 2023 yang ikut dihadiri oleh Ketua Pokja Perempuan KKR Aceh, Sharli Maidelina dan Kadis DKBP3A Aceh Tengah, Drs. H. Alam Syuhada, MM, Drs. Syafi’i selaku Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak serta Drs. Ali Husin selaku Kepala UPTD DKBP3A dan para staff dari DKBP3A.

Pada pertemuan tersebut Ketua Pokja Perempuan KKR Aceh, Sharli Maidelina mengungjapkan bahwa pihaknya telah mengambil lebih dari 500-an pernyataan korban pelanggaran HAM masa lalu di Aceh, dan diantaranya terdapat 237 pemberi pernyataan pelanggaran HAM masa lalu di Aceh Tengah.

Dalam paparannya, Sharli menjelaskan kondisi korban serta layanan pemulihan apa saja yang dibutuhkan korban, serta melihat peluang-peluang pemenuhan hak perempuan korban seperti rehab psikis dan pemberdayaan. Dimana terdapat 130 orang laki-laki, 107 orang perempuan dan juga 6 korban KS.

Sementara itu, Ketua Pokja Pengungkapan Kebenaran KKR Aceh, Bustami, S.Sos.I.,M.Sos juga menyampaikan bahwa, di Aceh Tengah sendiri sedang berlangsung proses pengambilan pernyataan pelanggaran HAM masa lalu sehingga pihaknya butuh dukungan dari pemerintah setempat khususnya DKBP3A Aceh Tengah dalam menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan perempuan korban dan anak.

Dalam pertemuan ini Kepala DKBP3A Aceh Tengah berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada KKR Aceh yang telah mendata korban pelanggaran HAM masa lalu di Aceh Tengah.

Alam Syuhada berharap adanya tindak lanjut dari pertemuan ini sehingga pemenuhan hak bagi korban pelanggaran HAM masa lalu di Aceh Tengah dapat ditangani secepatnya apalagi korban yang membutuhkan reparasi mendesak.

BACA JUGA:  Zulfikar Muhammad: DPRK Tamiang Harus Batalkan Rencana Pengusiran Warga Tamiang Pulo Tiga

Share :

Baca Juga

Daerah

Polisi Tangkap Tiga Pengedar Ganja, Dua di Antaranya Suami Istri

Daerah

Polisi kembali Amankan Satu Unit Ekskavator di Lokasi Tambang Ilegal
PKK Aceh Besar

Daerah

Meriahkan Hari Ibu, PKK Aceh Besar Gelar Lomba Marhaban dan Jahit Kancing Baju Sekolah

Kesehatan

5 Pernyataan Sikap Tenaga Kesehatan Seluruh Indonesia terhadap Agresi Israel di Jalur Gaza Palestina
Imigran Illegal Rohingya

Daerah

66 Orang Imigran Illegal Rohingya Kembali Berlabuh di Pantai Lampanah Leungah

Daerah

Propam Polda Aceh dan Polisi Militer TNI Gelar Patroli Gabungan

Daerah

Semarak Berqurban Gampong Saney dan Santunan Yatim Piatu
LPSK Resmi Hentikan Perlindungan

Nasional

LPSK Resmi Hentikan Perlindungan Terhadap Richard Eliezer