Kemen PUPR Mulai Merekonstruksi Lintas Lamtamot-Panca Aceh Besar - Aceh Headline

Home / Kesehatan

Rabu, 6 September 2023 - 14:23 WIB

Kemen PUPR Mulai Merekonstruksi Lintas Lamtamot-Panca Aceh Besar

admin - Penulis Berita

Pj Bupati Aceh Besar Muhmmad Iswanto SSTP MM 

Pj Bupati Aceh Besar Muhmmad Iswanto SSTP MM 

AcehHeadline.com | Aceh Besar,  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mulai merekonstruksi jalur Lamtamot-Gampong Panca Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar dengan panjang jalan sekitar 9,8 Km.

“Alhamdulillah, mereka telah melaporkan secara resmi tentang pengerjaan jalan Lamtamot-Panca, hingga akses transportasi dari Panca akan semakin lancar,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhmmad Iswanto SSTP MM yang didampingi Kadis PUPR Aceh Besar Syahrial Amanullah ST, di Kota Jantho, Selasa (5/9/2023).

Menurut Iswanto, kapastian pengerjaan jalan dengan status Jalan Kabupaten dan lebar aspal 4 meter itu didapat setelah adanya pemberitahuan dari pihak Kemen PUPR melalui PPK 1.1 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) 1 Aceh tentang terbitnya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

“Dengan masa waktu anggaran efektif yang hanya tersisa kurang dari 4 (empat) bulan lagi, kita meminta kepada semua pihak untuk mendukung penuh keberadaan proyek ini dalam upaya membuka isolasi saudara saudara kita di Panca dan Lamkubu, sehingga nanti mereka juga bisa menikmati hasil pembangunan untuk meningkatkan geliat ekonomi serta kesejahteraan. Mari kita bantu dengan sepenuh hati agar kegiatan ini terlaksana dengan baik secara on schedule,” kata Iswanto.

Proyek rekonstruksi lintas Lamtamot – Panca dalam wilayah Kecamatan Lembah Seulawah itu merupakan usulan dari Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto pada tahun 2022 ke Kemen PUPR, sebagai solusi untuk memberikan fasilitas transportasi antar kawasan yang sejak lama kondisinya sangat memprihatinkan.

Selain itu juga untuk memudahkan akses geliat ekonomi warga sekitar. “KIta tak memiliki dana yang cukup untuk merekonstruksinya, sehingga kita usulkan ke Kemen PUPR, Alhamdulillah telah ditanggapi dengan sangat baik dan langsung dikabulkan,” tutur Iswanto.

BACA JUGA:  Polres Sabang Banjir Pujian karena Berhasil Tangkap DPO Kasus Pengancaman

Pada kesempatan ini Pj Bupati Aceh Besar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri dan seluruh jajajar Kementerian PUPR yang telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan ruas jalan Lamtamot – Panca di Aceh Besar.

“Kami atasnama pemerintah dan masyarakat Aceh Besar mengucapkan terimakasih kepada Bapak Menteri PUPR dan jajarannya yang telah merekonstruksi jalur Lamtamot-Gampong Panca,” pungkasnya.

Pada sisi lain, Kadis PUPR Aceh Besar Syahrial Amanullah mengatakan, penanganan jalan jalan rusak–termasuk lintas Lamtamot-Panca–itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 Tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Proyek Inpres itu telah dimulai secara serentak di Nusantara sejak akhir Juli 2023.

“Khusus untuk lintas Lamtamot-Panca dimulai bulan ini, semoga pembangunan fasilitas untuk kemaslahatan rakyat ini berlangsung sesuai rencana. Untuk itu sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak,” kata Syahrial.

Selama ini warga Panca terpaksa melintasi jalan yang kondisinya benar benar prihantin, karena telah lama dalam kondisi rusak, akibat telah puluhan tahun dibangun, namun tanpa perawatan maksimal, akibat keterbatasan biaya.

Bahkan sebuah jembatan yang dibangun sempat menjadi joke sebagai jembatan abunawas, karena lama hanya ada abutment. Namun kini jembatan itu telah terbangun, hingga para bocah dari Panca tak lagi menyeberangi sungai saat ke sekolah, serta warga juga telah memiliki akses jembatan untuk memasarkan hasil taninya. “Semoga semua ini akan mempermudah akses masyarakat di kawasan kaki Gunung Seulawah itu,” pungkas Syahrial Amanullah, ST, Kadis PUPR Aceh Besar.(*)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Polres Sabang Tetapkan Seorang Oknum Wartawan sebagai DPO

Kesehatan

Menebar Kebaikan, Komunitas BG Skin Siapkan 500 Porsi Makan Gratis Per Hari

Advertorial

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk
dinkes-aceh

Kesehatan

Dinkes Aceh Ajak Masyarakat Ikut Posyandu Cegah Stunting Pada Anak

Kesehatan

Wakili Pj, Sekda Aceh Besar Hadiri Acara Zoom Meeting Komunikasi Sosial

Kesehatan

Maraknya Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Indonesia Harus Melakukan Transformasi Sektor Kesehatan
Evakuasi Alat Berat Dihadang Warga

Kesehatan

Evakuasi Alat Berat Dihadang Warga, Polisi: Bantu Kami Tertibkan Tambang Ilegal

Kesehatan

Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Sambut Kedatangan Menteri Pertanian di Gampong Deunong