Kapolri Tegaskan Komitmen Perkuat Pemberantasan Korupsi - Aceh Headline

Home / Nasional / News / Polri

Kamis, 6 April 2023 - 14:07 WIB

Kapolri Tegaskan Komitmen Perkuat Pemberantasan Korupsi

admin - Penulis Berita

AcehHeadline.com | Banten – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan terus berkomitmen untuk memperkuat pemberantasan praktik korupsi di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Kapolri terkait dengan menanggapi isu pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tentunya, Polri sampai sekarang masih berkomitmen terus mendorong penguatan terhadap KPK, khususnya dalam tugas pemberantasan korupsi,” kata Sigit kepada wartawan di Tangerang, Banten, Rabu, 5 April 2023.

Lebih dalam, Sigit memastikan, Polri menghormati dan taat azas terhadap seluruh aturan yang berlaku terkait personel-personel Kepolisian yang melakukan penugasan di luar struktur kementerian dan lembaga termasuk KPK.

Terkait Brigjen Endar, Sigit mengungkapkan, sebelum penugasan di KPK, Endar telah melakukan proses Open Bidding yang cukup berat dan ketat oleh pansel KPK.

“Brigjen Endar tentunya ditempatkan di KPK saat itu telah melalui proses Open Bidding oleh Pansel KPK yang cukup berat, yang tentunya bersaing dengan beberapa calon lain dan kemudian terpilih,” ujar Sigit.

Disisi lain, Sigit menyatakan bahwa, Polri telah menerbitkan surat perpanjangan penugasan Brigjen Endar di KPK. Oleh karenanya, Sigit pun menghormati langkah-langkah yang diambil Brigjen Endar terkait dengan pencopotannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

“Tentunya kalau saat ini Brigjen Endar kemudian melakukan langkah-langkah karena memang beberapa waktu lalu, yang bersangkutan masih di perpanjang dan saat ini beliau ambil langkah itu. Kami lihat itu adalah urusan internal Brigjen Endar sebagai anggota KPK dengan KPK,” ucap Sigit.

“Sehingga tentunya bisa diselesaikan dengan mekanisme-mekanisme internal yang ada disana. Apakah itu dari Inspektorat apakah itu dari Dewas,” tutur Sigit.

Yang pasti, Sigit menekankan bahwa, Polri akan terus berkomitmen untuk memperkuat KPK sekaligus mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.

BACA JUGA:  Pj Bupati Aceh Besar Dampingi Sekda Bustami Sambut JK dan Hamid Awaluddin

“Yang jelas Polri berkomitmen untuk terus memperkuat KPK. Kalau dua orang pada posisi strategis di KPK secara bersamaan kita tarik, tentunya justru melemahkan KPK,” tutup Sigit.

Share :

Baca Juga

DLHK Aceh

Daerah

DLHK Aceh Kick Of Penyusunan KLHS RPJP Aceh 2025-2045
Dirpamobvit Polda Aceh

Daerah

Dirpamobvit Polda Aceh Bagikan Paket Sembako kepada Warga Kurang Mampu
Tragedi Rempang Batam

Hukrim

Tragedi Rempang Batam dan Kanjuruhan, Abaikan Kemanusiaan

Daerah

Sejahterakan Petani, Distan Aceh Besar Siap Kerja Sama Dengan Mitra Swasta
TNI-Polri

Daerah

Irjen Ahmad Haydar: TNI-Polri adalah Lem Perekat Persatuan
Auto Trade Gold

Hukrim

Anak Buah Wahyu Kenzo Ditetapkan Sebagai Tersangka dalam Kasus Auto Trade Gold
Waspadai Hoaks

Daerah

Kapolres Aceh Tengah Ingatkan Para Siswa Waspadai Hoaks

Daerah

Personel Polres Simeulue Amankan Pawai Bela Palestina