Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh Bekali Strategi Marketing dan Literasi Keuangan bagi Mahasiswi dan Alumni - Aceh Headline

Home / Daerah / Kesehatan / News / Pendidikan / Sosial

Jumat, 16 Juni 2023 - 15:41 WIB

Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh Bekali Strategi Marketing dan Literasi Keuangan bagi Mahasiswi dan Alumni

admin - Penulis Berita

AcehHedline.com | Banda Aceh,- Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada 13-14 Juni 2023 di Kampus Jurusan Kebidanan setempat dengan skema program pengembangan kewirausaahaan bagi mahasiswi dan alumni.

Dikemas dalam bentuk Pelatihan Strategi Marketing dan Literasi Keuangan pada Usaha Rintisan Produk dan Jasa Pelayanan Kebidanan tersebut, acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh, Salmiani, SST.,M.Kes, CHE, Selasa, 13 Juni 2023.

Kegiatan ini sendiri digagas oleh tim dosen, yakni Yulia Fitri, SST, M. Biomed, CHE sebagai ketua tim dan dua anggota, yaitu Putri Santy, S.SiT, MPH, CHE dan DR. Irma Seriana, SST.,M.Keb.

Adapun pesertanya berasal dari kalangan mahasiswi dan alumni Prodi DIII Kebidanan Banda Poltekkes Kemenkes Aceh yang telah memiliki usaha rintisan produk dan jasa pelayanan kebidanan. Usaha dimaksud, awalnya mereka miliki sebagai bagian dari tugas mata kuliah kewirausahaan kebidanan pada semester IV.cc

Ketua Tim Pengabmas, Yulia Fitri mengatakan bahwa pengabdian masyarakat merupakan wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan setiap dosen pada suatu institusi pendidikan. “Untuk pelaksanaan kegiatan ini, kita juga bekerja sama dengan Tempat PKL Medan (tempatpkl.medan),” ujarnya.

Dalam era digital, sebut Yulia, sistem digital marketing memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap penjualan produk dan jasa, dibandingkan sistem pemasaran tradisional, “Karena menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen untuk memperoleh informasi produk hingga proses transaksi dan dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.”

“Selain itu, digital marketing juga dapat meningkatkan visibilitas bidan di media sosial, menyediakan platform untuk mengedukasi, dan memberikan infromasi, serta meningkatkan intreraksi dengan pasien potensial,” ujarnya.

Menurutnya, guna memaksimalkan potensi bisnis kebidanan, penting bagi para bidan untuk mempelajari literasi keuangan, “Sehingga mampu me-manage keuangan bisnis dengan baik, mengambil keputusan keuangan yang bijaksana.”

BACA JUGA:  Sebuah Rumah di Aceh Timur Ludes Terbakar

Hal lainnya, Yulia menyebut pelatihan yang digagas pihaknya merupakan wujud nyata kontribusi dosen jurusan kebidanan bagi mahasiswi dan alumni, “Untuk membantu menyiapkan mereka menjadi bidanpreneur, yaitu bidan yang mampu berwirausaha secara mandiri.”

“Diharapkan dengan kombinasi kedua aspek pelatihan yang kita berikan, para bidan di Aceh akan dapat mengembangkan bisnis kebidanan hingga sukses dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya bagi kaum ibu dan anak,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Di Aceh Besar, Kotak Suara Pemilu Sudah Bergeser ke Kecamatan
Workshop Tata Tulis Ilmiah

Daerah

Kemdikbudristek Dukung Kegiatan Workshop Tata Tulis Ilmiah Guru SMK Negeri Penerbangan Aceh
ATG Korban Withdraw Macet

Hukrim

Ratusan Ribu Member ATG Jadi Korban Withdraw Macet, Ada yang Upayakan Damai, Mungkinkah?
FGD

Daerah

Menyongsong Pemilu 2024, Aceh Besar Gelar FGD KAUB

News

Uluran Tangan Jenderal Sigit kepada Mahasiswa Korban Jeratan Kabel Optik

Daerah

Kasubdit Tipidkor Polda Aceh Terima Audiensi Mahasiswa Fisipol USK
Transaksi Narkoba Jaringan International

Daerah

Polres Aceh Utara Gagalkan Transaksi Narkoba Jaringan International, 12 Kg Sabu dan 3 Tersangka Diamankan
Kejuaraan Menembak

Daerah

Polda Aceh Gelar Kejuaraan Menembak Ibu Asuh Polwan Polda Aceh Cup 2023 Digelar