Intelektual USK: Teuku Faizasyah Mampu Tingkatkan Kerjasama Norwegia dan RI - Aceh Headline

Home / Internasional / Nasional / News

Selasa, 4 Juli 2023 - 18:11 WIB

Intelektual USK: Teuku Faizasyah Mampu Tingkatkan Kerjasama Norwegia dan RI

admin - Penulis Berita

Teuku Faizasyah  dubes RI untuk Norwegia

Teuku Faizasyah dubes RI untuk Norwegia

AcehHeadline.com | Jakarta,- Dosen di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh Dr M Adli Abdullah mengapresiasi penunjukkan Teuku Faizasyah sebagai dubes RI untuk Norwegia yang dilantik oleh Presiden Jokowi  bersama 11 dubes lain. Adli menyakini kemampuan Pak Teuku mampu meningkatkan hubungan Norwegia dengan Indonesia dalam berbagai bidang.

“Dalam aspek perikanan, Norwegia adalah pengekspor ikan laut. Sektor perikanan sumber devisa negara itu dan ini peluang merajut mitra penting Indonesia dalam bidang perikanan,” jelas Adli dalam Siaran Pers yang diterima AcehHeadline.com pada  Selasa (04/07/2023).

Adli menyebutkan sistem pengelolaan perikanan Norwegia menggunakan pendekatan berbasis ekosistem untuk menjaga ketersediaan stok sumber daya ikan di laut. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Norwegia dengan melakukan tindak penangkapan IUU (Illegal, Unreported, Unregulated) termasuk menanggulangi penangkapan ikan secara illegal, trans-shipment di laut, pemalsuan data ikan,

“Pak Dubes bisa mengajak pemangku kepentingan di sektor perikanan di Tanah Air untuk belajar sistem manajemen perikanan di Norwegia. Indonesia juga harus mampu mengelola laut untuk kemakmuran nelayan dan masyarakat,” ajak pakar Hukum Adat ini.

Pengajar di Fakultas Hukum USK ini menuturkan berdasarkan latar belakang Dubes Norwegia dapat melanjutkan kerjasama REDD+ yang pelaksanaannya dimulai sejak 2010.

Sementara dalam bidang pendidikan, mantan Dubes RI untuk Kanada ini diharapkan sanggup mendorong implementasi joint-degree antar universitas di Indonesia dengan universitas di Norwegia. Demikian juga dalam energi terbarukan yakni bisa terjadi transfer teknologi di bidang hydropower dan domestic biogas.

“Semoga dengan penempatan Pak Teuku hubungan bilateral antara Indonesia dan Norwegia semakin kuat dan terus bermanfaat bagi kedua negara,” pungkas Adli.

Jokowi melantik Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia merangkap Islandia berkedudukan di Oslo pada Senin (26/6/2023) di Istana Negara, Jakarta. Teuku Faizasyah lahir dan dibesarkan di Bandung. Ayahnya dari Tringgadeng, Pidie Jaya dan ibunya dari Lhoknga, Aceh Besar.

BACA JUGA:  Dirlantas Polda Aceh dan Kasatlantas Cari Solusi Turunkan Angka Kecelakaan

Share :

Baca Juga

Tim Puslitbang Polri

Daerah

Kapolda Aceh Sambut Kedatangan Tim Puslitbang Polri

Daerah

Jalan Blang Bintang – Krueng Raya Aceh Besar Diperlebar

Daerah

Stafsus Presiden Angkie Yudistia Sebut Polri Utamakan Nilai Inklusifitas dalam Rekrutmen 

Daerah

Polisi Maksimalkan Pengamanan Pelabuhan Ulee Lheue Jelang Tahun Baru
Bokong Seorang Mahasiswi Diremas

Nasional

Bokong Seorang Mahasiswi Diremas Pengendara Motor, “Pelaku Cukup Santai Banget”

Daerah

Libatkan Mahasiswa KKN, DLH Aceh Besar Bersihkan Sampah di Jantho dan Blang Bintang

Daerah

Pj Bupati Aceh Besar Terima Penghargaan dari Menteri Agama RI

Daerah

Wakili Bupati Aceh Besar, Kadinsos Aceh Besar Buka Pagelaran Seni Gembira Pondok Pesantren MSBS