Gunakan Pukat Darat, Nelayan Lhong Berhasil Tangkap 3 Ton Ikan - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Sosial

Selasa, 21 November 2023 - 00:38 WIB

Gunakan Pukat Darat, Nelayan Lhong Berhasil Tangkap 3 Ton Ikan

Redaksi Aceh Headline - Penulis Berita

AcehHeadline.com | Aceh Besar– Pukat darat Panglima Laot Lhok Tuloet, Gampong Saney, Lhoong, Aceh Besar, berhasil menangkap kawanan ikan dalam jumlah besar, Senin (20/11/2023).

Kawanan ikan putih nelayan setempat mengenal dengan nama ikan Lang  berhasil diangkat oleh nelayan setempat menggunakan pukat darat, tak tanggung-tanggung 3 ton ikan berhasil ditarik ke darat.

Ikan hasil tangkapan nelayan tersebut, selain dibagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar, juga dijual ke penampung di Lampulo, Aceh Besar dengan harga 30 ribu rupiah perkilogram untuk menutupi kebutuhan para nelayan.

Kebiasaan melabuhkan pukat darat yang ditarik beramai-ramai memang biasa dilakukan pada musim timur ini dikarenakan kondisi laut yang tenang hingga kawanan ikan mudah didapat dipinggiran pantai.

Tamrin (55) Panglima Laot wilayah Lhok Tuloet menggatakan, “Sehari bisa sampai 3 dan 4 kali kami melabuhkan pukat, tergantung kondisi laut dan kawanan ikan yang terlihat menyambar-yambar dipermukaaan,” tutur

Selain ikan lang, Muhammad Rizal (30) selaku pawang pukat ikut menjelaskan, ikan Rambeu, ikan yang sering ikan yang lebih sering didapat dengan pukat adalah ikan teri.

“Kalau ikan teri, musim sekarang melimpah, sehingga harga jual rendah. Malah sering kami bagikan percuma bagi siapa yang datang sebagai bentuk syukur kami.”

Pantai Lhok Tuloet, Saney, emang menjadi tempat mencari nafkah bagi sebagian masyarakat Lhoong, wilayah pesisir ini dengan menarik pukat sehingga mereka mengharapkan mendapat perhatian dari dinas kelautan.

Pasalnya, menurut nelayan pukat, ada 3 batu karang yang bisa diangkat dengan alat khusus menghalangi mereka melabuhkan lebih jauh pukat tersebut.

“Kami berharap dinas terkait dapat mengelontorkan sedikit dana untuk mengangkat bantu karang bekas hempasan tsunami tersebut sehingga pendapatan masyarakat yang ikut mengantungkan ekonomi dipukat dapat lebih besar peluang mendapat ikan,” harap para nelayan melalui Panglima Laot.

BACA JUGA:  TP-PKK Aceh Besar Gelar Pembinaan Dasawisma di Gampong Lamgeuriheu Lhoong

Share :

Baca Juga

Daerah

Gampong Saney Butuh Akses Listrik, PJ Bupati Aceh Besar Surati PLN
Tekan inflasi

Daerah

Tekan Inflasi, Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Operasi Pasar
Ulang Tahun Sanggar Cut Nyak

Daerah

Di Ulang Tahun Sanggar Cut Nyak Dhien ke-48, Ini Harapan Kadisbudpar
Harga BBM

Nasional

Hari Ini, Pertamina Resmi Turunkan Harga BBM Non Subsidi, Ini Harganya

Sosial

HMI Komisariat Tarbiyah UIN Ar-Raniry, Salurkan Bantuan Sosial Peduli Banjir di Aceh Utara
Gedung Representatif

Daerah

MPU, MPD, dan MAA Banda Aceh akan Berkantor di Satu Gedung Representatif
Rumkit Bhayangkara Polda Aceh

Daerah

Rumkit Bhayangkara Polda Aceh Jalani Survei Peningkatan Akreditasi

Daerah

Pemerintah Aceh Raih Stand Terbaik Pada Road Show Bus KPK