Dispersip Aceh Besar Gelar Pustaka Tenda di Lampanah Leungah - Aceh Headline

Home / Daerah / News / Pendidikan / Pristiwa / Sosial

Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:46 WIB

Dispersip Aceh Besar Gelar Pustaka Tenda di Lampanah Leungah

admin - Penulis Berita

Anak anak Lampanah Leungah menerima cinderamata usai mengikuti kegiatan Pustaka Tenda di gampong setempat di Kecamatan Mesjid Raya, Jum'at (15/12/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

Anak anak Lampanah Leungah menerima cinderamata usai mengikuti kegiatan Pustaka Tenda di gampong setempat di Kecamatan Mesjid Raya, Jum'at (15/12/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

AcehHeadline.com | Aceh Besar,-  Untuk meningkatkan minat membaca dan cinta ilmu bagi anak-anak di kawasan pelosok, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar, menggelar Pustaka Tenda di Lampanah Leungah, Kecamatan Seulimuem, Jum’at (15/12/2023).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Aceh Besar Fazlun SH MT, mengatakan, Pustaka Tenda merupakan salah satu strategi untuk mendorong partisipasi anak-anak agar cinta ilmu dan mau membaca, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan indek literasi.

“Ini merupakan salah satu strategi yang kita lakukan, semoga dapat mendorong anak-anak mencintai ilmu, mau membaca. Ini yang secara terus-menerus dilakukan oleh Dispersip,” katanya.

Ia juga mengatakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar saat ini memiliki 6 unit Perpustakaan Keliling yang beroperasi setiap hari ke sekolah-sekolah dan madrasah yang berbeda.

“Setiap hari mobil pustaka keliling, beroperasi ke sekolah-sekolah dan madrasah, ke dayah dan gampong, ” ujarnya.

Ia mengaku minat baca siswa sangat tinggi dengan hadirnya buku dan bacaan yang baru, sehingga saat datang pusling mereka bersemangat membaca.

“Minat baca saat ini sudah mulai cukup tinggi, apa lagi kegiatan yang dilaksanakan juga berinovasi dengan kondisi, seperti permainan yang gembira yang mengasah ilmu,” ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan Dispersip Aceh Besar Munzir SE, pada saat mendampingi dan memfasilitasi anak-anak Lampanah Leungah yang hadir pada pagelaran Pustaka Tenda tersebut mengaku, merasakan suasana dan perasan yang gembira dari raut wajah anak gampong saat belajar dan bermain hingga menerima hadiah hiburan.

“Kami melihat suasana yang gembira dirasakan anak-anak di sini dengan kegiatan yang dilaksanakan, bahkan mereka minta sering-sering buat kegiatan literasi di Lampanah Leungah,” ujar Munzir.

Kegiatan Pustaka Tenda merupakan salah satu program literasi yang dibungkus dengan berbagai aksi dan permainan menarik, dengan mengasah ilmu anak-anak desa maupun siswa disekolah. Kegiatan tersebut turut bekerja sama dengan Pustaka gampong dan Pustaka Sekolah setempat. (**)

BACA JUGA:  Pemkab Aceh Besar Adakan Rapat Evaluasi Stabilitas Pasokan Harga Pangan

Share :

Baca Juga

Nasional

Apresiasi Polri, Komnas Perempuan Ingin Ada Keterwakilan Penyandang Disabilitas Jadi Polwan
Pengelolaan Barang Milik Daerah

Daerah

Pemkab Aceh Besar Gelar Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah

Daerah

Sepanjang Tahun 2023, BNNP Aceh Berhasil Amankan 5,6 Kg Sabu dan 119,3 Kg Ganja
Dirpamobvit Polda Aceh

Daerah

Dirpamobvit Polda Aceh Bagikan Paket Sembako kepada Warga Kurang Mampu
Warga Rukoh Gelar Aksi

Daerah

Dinilai Gagal Selesaikan Konflik Sosial, Warga Rukoh Gelar Aksi di Depan Balai Kota, Ini Tuntutannya!
Angkasa Pura II

Daerah

Angkasa Pura II Serahkan 10 Unit Portable Kepada Pelaku UMKM Desa Wisata Lubuk Sukon

Daerah

Kapolda Aceh: Jelang Lebaran Harga Bapokting Stabil, Stok BBM dan Elpiji Cukup
Patroli TNI-Polri

Nasional

Partai Perindo dan PPP Nilai Positif Patroli TNI-Polri di Kota Surakarta