Aceh Utara Darurat Banjir, Puluhan Ribu Warga Terpaksa Mengungsi - Aceh Headline

Home / News

Jumat, 7 Oktober 2022 - 17:59 WIB

Aceh Utara Darurat Banjir, Puluhan Ribu Warga Terpaksa Mengungsi

admin - Penulis Berita

Situasi.id, ACEH UTARA – Sebanyak 34.060 Jiwa atau 9.540 Kepala Keluarga (KK) korban banjir mengungsi, sehingga ribuan warga Kabupaten Aceh Utara terpaksa mengungsi ke meunasah atau mushala dan dataran tinggi yang tersebar di 28 titik, setelah tempat tinggal mereka terdampak banjir yang semakin meluas sejak Selasa (4/10).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Utara, Asnawi mengatakan bahwa meluasnya banjir di Aceh Utara ini dipengaruhi dan dipicu oleh beberapa faktor. Selain curah hujan tinggi yang masih sering terjadi, kondisi tanggul DAS sungai-sungai besar juga kehilangan kemampuan menampung debit air yang berasal dari wilayah hulu Takengon dan Bener Meriah.

“Banjir meluas, Pak. Curah hujan masih tinggi ditambah tanggul-tanggul sungai di sini rendah dan banyak yang jebol. Air kiriman juga datang dari hulu Takengon dan Bener Meriah,” ungkap Asnawi, Jum’at (7/10/2022).

Asnawi menambahkan, banjir telah berdampak pada 34 ribu jiwa yang tinggal di 95 gampong yang berada di 12 kecamatan. Namun pihaknya juga memprediksi bahwa banjir masih berpotensi meluas hingga 14 kecamatan.

“Sepertinya hari ini kalau melihat informasi dari lapangan, saya perkirakan banjir bisa meluas sampai 14 kecamatan,” ungkap Asnawi.

Hasil kaji cepat yang dihimpun, sebanyak 6.775 unit rumah terdampak, kurang lebih 500 hektar lahan persawahan terendam, 4 kantor pemerintahan terendam termasuk 1 gedung fasilitas kesehatan dan 1 gedung sekolah.

BPBD Kabupaten Aceh Utara bersama tim gabungan dari unsur TNI, Polri, instansi terkait dan relawan serta masyarakat terus melakukan koordinasi guna percepatan penanganan banjir.

Sementara itu, tim gabungan juga terus menyisir beberapa lokasi untuk evakuasi dan penanganan darurat lainnya. Hingga siaran pers ini diturunkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa yang luka maupun meninggal dunia.

BACA JUGA:  Rekayasa Lalin Efektif Cegah Kemacetan saat Kampanye Prabowo—Gibran

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Polri Raih Kepuasan 87,8%, Legislator PKS Puji Kepemimpinan Kapolri
Rikkes Berkala

Daerah

Kapolda dan Wakapolda Aceh Jalani Rikkes Berkala

Daerah

Presiden GMA Kecam Pembunuhan Warga Aceh di Jakarta dan Minta Kasus Dikawal

News

Uluran Tangan Jenderal Sigit kepada Mahasiswa Korban Jeratan Kabel Optik
Workshop Tata Tulis Ilmiah

Daerah

Kemdikbudristek Dukung Kegiatan Workshop Tata Tulis Ilmiah Guru SMK Negeri Penerbangan Aceh

Daerah

Anev Ops Seulawah 2023: Pelanggaran Terbanyak Tidak Menggunakan Helm
Kursi Roda Janda Duafa

Daerah

Kursi Roda Baru Janda Duafa
Gerakan Menanam Pangan

Daerah

Kendalikan Inflasi, Bakri Siddiq Galakkan Gerakan Menanam Pangan Cepat Panen