Home / Kesehatan

Kamis, 6 Oktober 2022 - 16:01 WIB

5 Tips Ampuh Tetap Fit di Musim Hujan

admin - Penulis Berita

Situasi.id KESEHATAN – Di musim hujan seperti ini, Anda perlu melakukan cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri, ataupun kelelahan karena padatnya aktivitas memang tak kenal musim.

Temperatur udara yang tidak menentu menjadi tantangan, terutama kita yang tinggal di daerah tropis, penyakit yang umum terjadi adalah demam berdarah (dengue fever), pilek, dan flu. Maka itu, kesehatan tubuh perlu dijaga dengan baik saat musim hujan.

Musim hujan memperluas peluang perkembangan virus.

Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun seringkali karena segudang aktivitas, kita kerap abai terhadap masalah kesehatan.

Salah satu penyakit yang bisa menyerang saat musim hujan dan banjir adalah demam berdarah dengue. Nyamuk Aedes aegypti ini bertelur pada tampungan air bersih.

Penyebarannya secara mudah dari nyamuk Aedes aegypti, nyamuk betina yang telah terinfeksi virus dengue. Virus tersebut berkembang di dalam tubuh nyamuk selama 8-12 hari dan bisa menularkan virus tersebut lewat gigitan dari satu orang ke orang lainnya. Demam berdarah hanya dapat ditularkan lewat nyamuk.

Dengan demikian peluang penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya akan tersebar lebih mudah. Virus dapat dilakukan melalui kontak fisik dan masuk ke sistem pernapasan.

Oleh karenanya, penting untuk menerapkan cara menjaga kesehatan dengan tepat di musim hujan.

Cara tepat menjaga kesehatan di musim hujan.

Ketika sistem imunitas atau daya tahan tubuh berfungsi secara normal, ia akan mendeteksi substansi asing yang mengancam tubuh, seperti bakteri, virus, dan parasit. Daya tahan tubuh bekerja dengan menghancurkan “benda asing” yang menjadi ancaman.

Maka itu, untuk menguatkan data tahan tubuh agar tetap fit di musim hujan, Anda perlu menerapkan cara untuk menjaga kesehatan sebagai berikut.

BACA JUGA:  Maraknya Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Indonesia Harus Melakukan Transformasi Sektor Kesehatan

1. Konsumsi guava atau jambu biji

Makan jambu biji atau meminum jusnya merupakan cara menjaga kesehatan di musim hujan yang paling mudah. Jambu biji mengandung vitamin C.

Kekurangan vitamin C dapat meningkatan potensi infeksi penyakit. Maka dari itu, rutin mengonsumsi jambu biji yang kaya akan vitamin C akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek.

2. Berolahraga

Tetaplah berolahraga dan beraktivitas fisik sebagai cara menjaga kesehatan di musim hujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

3. Vaksin influenza

Padatnya pekerjaan dalam keseharian menuntut anda agar tetap sehat selalu. Maka dari itu, cobalah menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan vaksin influenza. Apalagi hujan yang datang tak menentu, membuat penularan flu sangat mudah menyerang, melalui tangan, tubuh, hingga masuk ke dalam sistem pernapasan.

4. Mencuci tangan

Karena penularan virus yang mudah melalui kontak fisik, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan hingga bersih untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Anda bisa menggunakan hand sanitizer ke mana pun Anda pergi untuk meminimalkan risiko penularan penyakit.

5. Konsumsi makanan bernutrisi

Makanan yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh Anda di musim hujan dan banjir.

 

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Koramil 10/ Woyla Barat Lakukan pendampingan Pelaksanaan Posyandu

Advertorial

Technician Education Can Fuel Financial Success

Advertorial

New Research Shows Big Opportunities for Small Businesses

Advertorial

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Advertorial

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Kesehatan

Maraknya Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Indonesia Harus Melakukan Transformasi Sektor Kesehatan

Kesehatan

Transformasi Ketahanan Kesehatan Nasional, Kemenkes Luncurkan E-Katalog Obat dan Vaksin Tahun 2023

Kesehatan

Transformasi Layanan Primer: Kesehatan Jiwa Ditekankan Pada Program Promotif Preventif